Thursday, May 27, 2010

The Wall Street Journal: "American Idol Harus Mencontoh Glee"

Dikutip dari The Wall Street Journal (Oleh: Christopher John Farley) - Bagaimana kalian melakukan cover pada lagu yang semua orang mengetahuinya? Untuk berbicara dengan mudah, Glee-lah contohnya. Para pemeran dalam serial tersebut setia menyanyikan lagu-lagu yang akrab di telinga kita, dibandingkan mengubahnya hingga kita tak dapat mengenal lagu itu lagi.

Ada sebuah masalah dalam melakukan cover pada sebuah lagu. Malam kemarin di American Idol, Lee DeWyze menyanyikan lagu U2 "Beautiful Day" namun ia tak membuatnya menjadi sesuatu yang lebih baru dan sekedar itu-itu saja. Crystal Bowersox melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik, ia memberikan warna baru pada "Up The Mountain" oleh Patty Griffin. Namun, terlalu banyak orang yang tidak familiar dengan lagu tersebut karena lagu tersebut bukanlah sebuah lagu hit.

Inilah sebabnya mengapa sebuah perubahan besar pada lagu "Poker Face" di Glee kemarin malam sangatlah bekerja dengan baik. Lea Michele dan Idina Menzel melakukan sebuah lagu glossy pop yang begitu hits dan merubahnya menjadi versi Broadway yang indah. Mereka mengubah lagu tersebut menjadi lagu versi stripped-down dan menyanyikannya dengan sepenuh hati, bukan untuk sekedar menggerakan kaki. Seluruh American Idol harus memberi catatan pada hal ini - Inilah bagaimana kalian membuat sebuah lagu dengan caramu sendiri.

3 comments:

Anonymous said...

biasanya di versi live AI, contestant mengubah aransemen, tp versi studio recording persis versi penyanyi aslinya.
Lee DeWyze emg tak mengubah aransemen Beautiful Day, tp dia berhasil membuat The Boxer, That's Life, Hallelujah menjadi lagu miliknya.

Anonymous said...

i like both glee and american idol. and i think american idol finale is way better than "home"--the 16th episode of glee, and i like lee dewyze too. but i still think that the episode "sectionals" is better than american idol finale.

anyway? where is the review?? this post said that there is gonna be some reviews for the back 9 episode.

~cheers :D

Glee Indonesia said...

@Anonim: Tidak banyak yang tertarik dengan program review back 9, jadi tidak ada yang mengirimkan reviewnya untuk dipost. Jadi hanya ada Hell-O saja: http://gleeksindonesia.blogspot.com/2010/05/hell-o-review-say-hell-o-to-improvement.html

Post a Comment